Activity

  • Poulsen Healy posted an update 3 years, 11 months ago

    Banyak sekali umat Muslim dalam Indonesia yang ingin jadi Hafidz. Tentunya hal berikut terjadi karena banyak orang yang sadar untuk tetap menunaikan syariat Agama islam dan bertafakur secara indah dan pun karena menghafal Alquran merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Taktik ini swasembada dilakukan sambil banyak orang, sedari yang kuat hingga anak-anak. Melihat itu, maka tidak heran bahwa saat ini dapat ditemui penuh tempat bersekolah untuk menghafal Alquran. Nah, salah satu teritori yang dapat dipilih merupakan
    Pondok Tahfidz Darul Mujahidin.

    Pondok Asrama Darul Mujahidin sendiri terletak di Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Magelang. Pesantren pesantren ini berada pada bawah panji-panji Muhammadiyah. Panti pesantren berikut tidak sunyi dari servis KH. Ahmad Syadzali. Sira adalah salah satu pejuang yang mengusir penjajah di kawasan Jawa Pusat dan Yogyakarta. Beliau seorang diri adalah potongan dari Pion Hizbullah. Ketika beliau berumur 84, sira mewakafkan pribadi kepada Muhammadiyah. Beliau swasembada menginisiasi pembangunan Pondok Pondok Darul Mujahidin. Nama Darul Mujahidin tunggal diberikan sebab Ketua Bimbingan Pusat Muhammadiyah, Bapak K. H Ahmad Azhar Basyir.

    Pondok Tahfidz Darul Mujahidin ini tunggal menyediakan 2 jenis program pendidikan. Yang pertama ialah MTs Darul Mujahidin. MTs sendiri merupakan jenjang petunjuk formal sebabat dengan SMP yang dikelola oleh Departemen Agama. MTs Darul Mujahidin mengacu di dalam kurikulum Diknas dan juga kurikulum pondok. Sehingga, siswa yang mendaftar ke kian akan berlatih tentang Adat dan Akhlaq, Alquran, Tata susila Arab, serta pemahaman Kompetensi Syar’i tanpa menyampingkan kapasitas umum diantaranya IPA, Matematika, Bahasa Nusantara, dan lainnya. Para siswa akan menumpang di pesantren selama 3 tahun. Harapannya, para santri tersebut mampu menghafal Kitab alquran, mahir berbahasa Arab secara lisan & tulisan, getol beribadah, bersama berakhlak murni. Fasilitas yang didapatkan rumpang lain merupakan asrama, dua masjid putih, ruang famili, laboratorium, membaham 3 kesempatan sehari, pelatih yang berilmu, lapangan, pusat kegiatan santri dan beda sebagainya.

    Dan kemudian program tuntunan selanjutnya merupakan Rumah Tahfidz. Pendidikan yang satu ini lebih bertujuan untuk melatih orang supaya bisa mengatakan Alquran cocok dengan peraturan Tahsin & juga siap menghafal Kitab suci alquran. Untuk agenda Tahfidz Kitab suci alquran sendiri, korban muridnya pun beragam. Mulai dari yang anak-anak, remaja, sampai dewasa. Setiap murid bakal belajar selama masa tiga tahun tanpa pantas mondok di pesantren, sedari belajar membaca Alquran secara belajar kecakapan dasar Tahsin. Jika sungguh dirasa pacak, akan dilanjutkan dengan agenda menghafal Kitab alquran. Untuk beker pembelajarannya sendiri selama wahid setengah weker dan siap memilih waktunya, entah ini pagi, bersih, ataupun sore. Harapannya, para murid bisa membaca Kitab suci alquran secara langkas, menguasai kompetensi Tahsin serta Tajwid, juga mampu menghafal Alquran minimal 5 surah selama 1 tahun.

    Nah itulah tadinya sedikit permufakatan tentang Rumah Tahfidz Darul Mujahidin. Tentunya, dengan menuntut ilmu di Darul Mujahidin, harapannya akan semakin banyak Hafidz pada Indonesia.

Don't miss these stories!

Enter your email to get Entertaining and Inspirational Stories to your Inbox!

Name

Email

×
Real Time Analytics