Activity

  • Hardy Bladt posted an update 4 years ago

    Kenapa calon dokter di Indonesia harus menjalankan registrasi UKMPPD atau Uji Kompetensi Mahasiswa Program. profesi Dokter. Sebab UKMPPD merupakan ujian satu-satunya bagi calon dokter di Indonesia yang diselenggarakan dari negara untuk bisa menerima gelar dokter. Ujian UKMPPD ini yang dulunya lebih dikenal oleh nama UKDI atau Uji Kompetensi Dokter Indonesia.

    Tiap-tiap mahasiswa kedokteran yang akan meniru UKMPPD ini harus terlebih dulu registrasi ukmppd dengan prasyarat utamanya, para mahasiswa kedokteran sebelumnya seharusnya telah mengatasi pengajarannya adalah preklinik, klinik, dan serta mereka sudah dinyatakan dari Fakultas Kedokteran masing-masing. Meski tujuan dari UKMPPD ini merupakan untuk menjaga kwalitas yang baik dari para alumnus pengajaran dokter dan juga sebagai format perlindungan untuk masyarakat dan pengguna jasa layanan dari kedokteran.

    Ujian ukmppd ini yang wajib ditiru oleh para mahasiswa kedokteran yang akan menerima gelar dokter merupakan terdiri dari 2 bagian percobaan. Yang pertama CBT atau Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer. Dan kedua percobaan OSCE atau Objective Structured Clinical Examination atau Tes Roleplay Dokter dan juga Pasien.
    https://e-ukmppd.com/ UKMPPD diselenggarakan 4 kali dalam setahun. Dan tiap peserta diberi peluang untuk meniru tes tersebut sampai 4, kali dalam setahun.

    Percobaan ini diselenggarakan bagi para peserta nya untuk mengikuti dalam setahun 4 kali dan dengan bentang waktunya setiap 3 bulan sekali yakni bulan Februari, bulan Mei, Bulan Agustus, dan juga Bulan November. Peserta UKMPPD bisa diungkapkan lulus dari tes ini dan dapat mendapatkan gelar dokter kalau peserta tersebut berhasil lulus setelah menjalankan kedua tes tersebut merupakan CBT dan OSCE.

    Tes CBT ini sendiri sampai saat ini masih menjadi suatu momok penghambat yang utama dari para peserta percobaan calon dokter di Indonesia yang akan mendapatkan gelar dokternya. Kalau hal yang demikian dapat diperhatikan dari tingkat kelulusan pada percobaan CBT ini sendiri yang memang masih bisa dikatakan belum memuaskan. Di tiap-tiap tahunnya cuma sekitar 20% – 40% saja peserta calon dokter se Indonesia yang masih belum lulus dalam percobaan CBT ini sehingga seharusnya mengulang lagi. Dan pun sampai ada peserta yang sampai mengulang percobaan CBT ini hingga 20 kali tetapi masih tetap belum lulus juga.

    Contohnya dalam kedua tes hal yang demikian peserta tak lulus, maka para peserta seharusnya mencontoh ujian ulang pada komponen tes yang belum lulus di jangka waktu selanjutnya, dan peserta hal yang demikian akan dinyatakan sebagai retaker. Untuk biaya pendaftaran UKMPPD ini untuk satu kali ujian CBT adalah sebesar 400 ribu dan untuk ujian OSCE yakni sebesar 600 ribu. Dimana retaker semestinya membayar tarif ujian lagi apabila mereka akan mengambil salah satu tes lagi yang belum lulus. retaker akan mencontoh percobaan CBT yang sebelumnya belum lulus dengan membayar biaya pendaftaran UKMPPD sebesar 400 ribu.

Don't miss these stories!

Enter your email to get Entertaining and Inspirational Stories to your Inbox!

Name

Email

×
Real Time Analytics